01 Mei, 2008

Raka batuk..

Raka sakit batuk, uhuk..uhuuk..uhuuuk!!!!
Tertular dari virus- virus yang mengitari bapak dan ibu yang juga pilek, hasyiiiiiimmmh..!!
Batuknya menyedihkan, terlihat susah payah mengeluarkan yang tercekat dan tertahan di tenggorokan, aiiih ..sedihnya melihatmu nak!
Ke dokter?
Tidak!
Ke dokter?
Tidak..
akhirnya tidak.Yup, tidak ke dokter.
Belum perlu, belum saatnya
Tapi tolong deh, Raka kelihatan sangat menderita.. Ke dokterkah?
Ah, tidak ..yah, tidak!Sekali lagi, belum saatnya..

Kenapa tidak ke dokter?
Sependek pengetahuan saya, batuk pilek disebabkan virus.
Virus gak bisa diobatin pake obat- obatan (klo lu consume obat pilek, itu cuman buat ngeringanin gejala- gejalanya ajah, tapi gak ngebunuh virus influenzanya. Kalo lu consume antibiotik, nah selamat! Antibiotik tuh buat bakteri. Bukan buat virus, jeung en Pak!hehe)

Berpegang teguh pada buku dr. wati, u’d come to doctor if : batuk lebih dari 2 minggu, sesak nafas, ketika menarik nafas ada otot di sekitar dada yang tertinggal, anak terlihat lemas dan sakit dan sama sekali gak mau maem-minum.

Jadi untuk 1 minggu ini, ibunya Raka resmi menjadi dokter Raka ^_^.
Setiap pagi Raka diajak bertemu sinar mentari. Ngapain? supaya ingus dan dahaknya meler bo’..
Rajin- rajin nguapin raka.
Caranya, air mendidih ditaruh di panci/baskom. Campur ma minyak kayu putih.
Berapa tetes? Kira- kira aja deh, asal udah berasa semriwiing di hidung , nah udah cukup tuh. Bisa ditaruh dikamar ato di samping tempat tidur. Untuk Raka, dengan senang hati ibu “geret” ke kamar mandi, hehehe. Small size room, jadi mikirnya tuh uap kayu putih bisa lebih konsentrasi masuk hidung raka dibandingkan di kamar tidur yang berukuran lebih besar.
Apa lagi? Perbanyak cairan dan makan sup/kaldu.
Tapi Raka gak mau maem, sakit kali yah tenggorokannya.
Jadi solusi super mujarab : PERBANYAK ASI!Cairan kehidupan yang dikirim Tuhan untuk semua bayi di dunia, full of vitamin dan zat imun. (thanks god, how can I heal him without breastmilk)
Termometer juga selalu tersedia. Kalau lebih dari 38,5 ibu kasih parasetamol deh. Suhu segitu Raka udah rewel. Sependek pengetahuan ibu, demam adalah mekanisme alami tubuh untuk membunuh virus, jadi penting untuk kita gak buru-buru minum parasetamol kalo lagi demam. Karena virus hanya bisa dibunuh pada suhu tinggi. Kalo belum apa- apa kita udah minum parasetamol, yah gimana tuh virus mau mati.
Iya nggak?hehe..CMIIW

Sekarang Raka mulai sehat. Udah bisa ngebut lagi (ngebut merangkak, maksudnya hihiii). Batuk udah mulai reda, sesekali hidung meler tapi sudah tidak separah sebelumnya.

Fiuuuuh, Lega euy!
Lega Raka udah mulai sehat, lega juga karena ibu dan bapak masih tetap rasional walaupun hati udah kebat- kebit ngeliat penderitaan Raka.

Sama sekali bukan karena anti dokter!Ibu mau imunitas tubuh raka aktif. Semakin sedikit campur tangan obat- obatan semakin baik.
Seringkali dokter amat mudah memberikan obat- obatan yang kadang gak diperluin ma tubuh kita.
Yah, tidak semua dokter begitu!! Tapi pada kebanyakan kasus, bayi dan anak yang batuk pilek dikasi puyer dan antibiotik. Puyer udah gak dianjurin karena polifarmasi.1 puyer bisa berisi campuran dari beberapa obat. Bayangkan kemungkinan kontra indikasinya! Antibiotik buat membunuh bakteri jahat. Kalau virus gak bakalan mempan ma antibiotik, yang ada malah bakteri baik dalam tubuh kita malah hilang dimakan ma tuh antibiotik. No wonder ya, kalau badan jadi gampang sakit. (actually, I always wondering kenapa dokter di indo sering banget ngasi antibiotic kalo kita lg batpil. Yes, in indo! When u got cold in aussie, the doctor just advice u to comsume vitamin and drinks a lot of water)

Jadi orang tua harus mau dan harus selalu belajar
Dan penting juga untuk tidak membesarkan anak berdasarkan kebiasaan 

Keep’s learning lah, judulnyah!

Tidak ada komentar: