22 Juli, 2008

ASI#3 Kunci Sukses Menyusui


Sebenarnya terlalu awal jika saya menyatakan diri sudah sukses menyusui, karena sampai hari ini saya baru menyusui selama 13 bulan 9 hari, masih jauh dari target menyusui hingga 2 tahun.
Tapi dari sependek pengalaman saya ini, kunci sukses menyusui cuma ....
.. Sering menyusui. Yup, sukses menyusui artinya mampu menjaga kuantitas ASI selama mungkin. Prinsip pembuatan ASI adalah berdasarkan kebutuhan (based on demand). Artinya jika sang bayi membutuhkan 800ml ASI per hari maka sejumlah itu pula yang akan diproduksi oleh payudara sang ibu. Sering menyusui (atau memerah ASI) merupakan upaya untuk mengosongkan payudara dan memerintahkan otak untuk kembali memproduksi ASI. Bahasa gaulnya neh " Gudang sudah kosong, kapten!Silakan diisi kembali." ^^
Payudara dan ASI yang tidak dikeluarkan akan memberi sinyal kepada otak bahwa tidak diperlukan produksi baru, sehingga jumlah ASI yang dihasilkan akan menurun kuantitasnya.
.. Perhatikan gizi makanan. Dari penelitian, sayuran hijau berkuah, daun katuk, rebusan air kacang hijau membantu produksi ASI dalam tubuh. Gizi ibu yang baik akan meningkatkan kuantitas ASI
.. Jaga kestabilan emosi, jangan sering bete dan marah- marah ala nenek lampir, karena ASI bekerja berdasarkan keberadaan hormon oksitosin, yang cuma terbentuk di dalam tubuh jika ibu merasa tenang dan happy. Ya, bete- bete dikit tak apa lah, namanya juga manusia, but you have to deal with your anger and cheer up your self, okay.
.. The most important key is mindset! Yakin kalau ASI kita cukup dan terbaik buat sang bayi. Tuhan sudah ciptakan payudara ibu dan tuhan gak bakalan tega biarin bayi -Nya si makhluk mungil super polos dan tak berdosa itu kelaparan. Nggak perlu khawatir dengan ucapan dan pertanyaan dari orang tua, mertua, sodara, tetangga, teman sampai orang gak dikenal yang dengan asalnya suka melontarkan pertanyaan "emang ASI kamu cukup?", "emang ASiIkamu bagus?". Untuk pertanyaan- pertanyaan gak penting ini, cuekin aja. Mereka gak tahu pentingnya ASI, tugas kamu untuk memberi "pencerahan".
Kalau masih nyolot, cuekin aja. Just feeding your baby and get confidence with your breast milk.

Jadi, selamat menyusui ibu- ibu ....

*sumber gambar ini*

Tidak ada komentar: