16 Februari, 2008

Donor ASIP (ASI perah)

Gak banyak yang tau kalo ASI bisa didonorkan. ketika ibu tidak dapat menyusui bayi secara langsung maka asi dapat diperah dan ditaruh dalam wadah seperti botol atau plastik khusus asi. ketika ibu tidak dapat memberikan asi dalam jumlah yang dibutuhkan bayi atau ibu berhalangan dalam memberikan asi seperti sakit atau meninggal, jalan keluar utama adalah tidak langsung membeli susu formula tetapi mencari donor ASI! sayangnya tidak banyak ibu- ibu menyusui yang menyadari ia dapat menjadi seorang donor asi sehingga jumlah donor asi masih amat sedikit. lagian, masyarakat kita juga belum familiar dengan hal ini sehingga pasti timbul banyak keragu- raguan ketika menerima asi donor. padahal kandungan gizi asi amat jauh lebih bergizi lho dibandingkan susu formula, jadi mestinya asi donor adalah pilihan pertama para orang tua dibandingkan susu formula terutama jika si bayi berada di bawah usia 6 bulan dan 1 tahun dimana protein susu sapi sebenarnya merupakan protein asing bagi tubuh dan memberatkan pencernaan bayi( kasiaaaaan kan..).

kata pakar laktasi neh, ibu utami rusli, asi yang dihasilkan seorang ibu yang tinggal di tempat pengungsian pun tetap jauh lebih bergizi dibandingkan susu formula yang diproduksi oleh pabrik- pabrik yang super hygienis itu.
Gizi asi akan menurun kualitasnya jika si ibu kekurangan gizi dalam waktu yang lama (mal nutrient).
jika orang tua ragu- ragu dengan riwayat kesehatan si ibu pendonor, cara paling gampang adalah dengan meminta asi donor kepada busui (ibu menyusui) yang telah dikenal. gak punya penyakit AIDS dan gak nge-drugs!that's all...

buat yang beragama muslim, khawatir anaknya menjadi saudara sepersusuan (means muhrim, gak boleh kawin bo!) tenang ajah!tidak semudah itu "talak" saudara sepersusuan dijatuhkan.
syarat jatuhnya talak "saudara sepersusuan" :
1. bayi mengisap langsung dari payudara si ibu donor. artinya asi tidak ditaruh dalam wadah lain seperti botol dan plastik
2. Bayi berusia dibawah 6 bulan dan ASI menjadi satu- satunya makanan dan minuman bayi
3. Bayi mengisap asi selama 5 hari berturut- turut
syarat lainnya lupa.. tapi yang paling utama 3 diatas dan ketiga syarat tersebut harus terpenuhi secara bersamaan, gak boleh setengah- setengah. kalo cuman 1hal yang terpenuhi yahh ga bisa dibilang sodara sepersusuan (curse me if i'm wrong)..

salam ASI, parents
ASI is the best for your baby:)

Tidak ada komentar: